Roadshow MES-UK di Kota Terbesar di North East of England

Tepat di hari yang sama pasca dilantiknya kepengurusan baru organisasi Masyarakat Ekonomi Syariah Wilayah Khusus United Kingdom (MES-UK) dibawah Ketua Umum yang baru, Ebi Junaidi, pada hari Minggu 12 Maret 2017, tim edukasi MES-UK langsung menjalankan program pertamanya dalam rangkaian roadshow edukasi ekonomi syariah kepada masyarakat Indonesia yang berada di Britania Raya. MES-UK kembali mendapat sambutan yang hangat dari Al-Imanu untuk berdiskusi terkait perkembangan industri keuangan syariah. Al-Imanu adalah perkumpulan masyarakat muslim Indonesia di Newcastle-Upon-Tyne yang memang rutin mengadakan pengajian maupun kajian tentang materi yang terkait dengan ke-Islam-an.

Setelah pada tahun lalu MES-UK memberi pemaparan mengenai konsep dasar keuangan syariah, kali ini Fadhil Akbar Purnama, Kepala Departmen Edukasi MES-UK 2017, menyampaikan materi terkait “Akad-akad dalam Keuangan Syariah”. Materi tersebut berfokus pada akad-akad yang umum diterapkan oleh lembaga keuangan syariah pada saat ini. Dalam pengantarnya, dijelaskan sejarah singkat tergagasnya sistem ekonomi syariah serta beberapa tujuan utama dari penerapan syariah itu sendiri, atau yang lebih dikenal sebagai maqasid al-shariah.

Turkish Community Association Newcastle, yang menjadi lokasi dari acara tersebut, dipadati oleh lebih dari 30 anggota Al Imanu. Tidak sedikit pula yang membawa keluarganya untuk saling bersilaturahim, baik antar sesama pengurus maupun dengan perwakilan dari MES-UK. Para peserta sangat antusias, terutama ketika sesi tanya jawab yang memungkinkan mereka untuk menanyakan aplikasi dari akad-akad yang terjadi di lembaga keuangan di Indonesia, serta aneka tantangan yang sedang dihadapi oleh industri keuangan syariah.

Walaupun mayoritas peserta tidak memiliki latar belakang ekonomi atau keuangan, mereka sangat tertarik untuk mempelajari keuangan syariah secara lebih mendalam, terutama setelah dipaparkan data bahwa industri keuangan syariah di Britania Raya saat ini sudah dalam fase kebangkitan (awakening), dan sangat berpotensi untuk menjadi “growth engine” di masa yang akan datang. Sebagai penutup, Bapak Donny Yordan, ketua Al-Imanu yang juga bertindak sebagai moderator diskusi, memberi kesimpulan bahwa terlepas dari berbagai tantangan dalam industri keuangan syariah, kita perlu memberikan dukungan terhadap perkembangannya, baik di Indonesia maupun secara global.

Alhamdulillah, semoga roadshow yang juga merupakan program kerja dari Departemen Edukasi MES-UK ini mampu meningkatkan pengetahuan terkait keuangan syariah serta membangkitkan ketertarikan masyarakat untuk menjadikan produk keuangan syariah sebagai salah satu pilihan dalam memenuhi kebutuhan finansialnya di masa depan. Allahumma aamiin. (red/FAP)

Admin MES_UKRoadshow MES-UK di Kota Terbesar di North East of England